Tuesday, October 23, 2018

Bahasa Indonesia


MENYEIMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA
DAN BAHASA INGGRIS LEBIH BAIK DARI MEMBANDINGKAN

Izzah Riastiti Chairunnisaa
D-III Analisis Farmasi dan Makanan
ryastiti@gmail.com

Bahasa Indonesia telah dikenal sebagai bahasa nasional sejak negara Indonesia menyatakan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Dengan diberlakukannya bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara Indonesia maka bahasa Indonesia ini juga berperan sebagai pemersatu bangsa yang memiliki banyak penduduk dengan beragam suku, adat dan budaya di masing-masing daerah. Sebagai bahasa resmi, bahasa Indonesia digunakan dalam upacara, peristiwa, dan kegiatan kenegaraan baik secara lisan maupun tertulis. Bahasa Indonesia pun juga digunakan sebagai bahasa sehari-hari untuk berkomunikasi, meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa lapisan penduduk masih menggunakan bahasa daerah masing-masing. Namun dalam hal pemberitahuan informasi seperti berita, pengetahuan dan pendidikan digunakan bahasa Indonesia agar seluruh penduduk yang tinggal di Indonesia dapat dengan mudah memahaminya, karena masing-masing daerah memiliki bahasa yang berbeda dan kurang dapat dipahami oleh daerah lain.
Begitu pentingnya dan bermartabatnya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional pemersatu bangsa, tetapi mengapa masih banyak masyarakat Indonesia bahkan generasi muda belum memahami hal tersebut. Munculnya bahasa asing yang dianggap lebih memiliki kualitas dan keren membuat banyak kalangan muda lebih terbawa oleh arus globalisasi dibanding menjunjung bahasa Indonesia yang mulai terkikis dan dihanyutkan zaman. Maraknya budaya asing menyebabkan banyak generasi muda yang terlena dan mulai mengikuti budaya tersebut. Bahasa asing yang dianggap lebih keren dan gaul lebih banyak digunakan oleh kalangan anak muda. Meskipun pengetahuan akan bahasa asing juga harus diketahui dan dipelajari.
Salah satu bahasa asing yang sering dijumpai dan digunakan oleh masyarakat adalah bahasa Inggris yang mana merupakan bahasa internasional yang digunakan sebagai bahasa resmi untuk berkomunikasi antar negara.  Banyak ditemukan masyarakat yang mebggunakan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang berpresepsi bahwa bahasa Inggris mempunyai nilai tambah bagi kemampuan diri dalam bidang pendidikan maupun pekerjaan. Bahkan dalam proses pembangunan negara, bahasa Inggris merupakan hal penting dalam menjalin kerjasama ataupun bersaing dengan negara lain, namun hal tersebut justru menjadi salah satu faktor lunturnya bahasa Indonesia. Seharusnya bahasa Inggris hanya digunakan pada waktu tertentu dimana memang penggunaannya dibutuhkan. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia juga perlu untuk mempelajari dan memahami bahasa asing seperti bahasa Inggris, tetapi tetap tidak melupakan jati diri sebagai bangsa Indonesia dengan bahasa nasional  yaitu bahasa Indonesia. Masyarakat Indonesia harus lebih dapat membedakan dan memahami kapan waktu yang tepat untuk menggunakan bahasa asing tersebut.
Sebagai warga negara Indonesia pasti sudah bisa dan fasih dalam berbahasa Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan bahwa bahasa yang  digunakan sudah benar dan memenuhi aturan berbahasa Indonesia yang baik. Berbahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari merupakan salah satu bentuk nasionalisme. Dengan ini, diharapkan bahwa masyarakat Indonesia tidak hanya mengembangkan kemampuan berbahasa Inggis mereka, tetapi juga meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia. Maka, nantinya akan dapat menyeimbangkan kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa Indonesia untuk modal kelangsungan hidup dan pembangunan bangsa.

No comments:

Post a Comment